0

1. Tahukah, SBY bukan presiden RI ke6 tapi ke8  ??

Terjadi kekeliruan sejarah pada tulisan yang di sampaikan di berbagai media massa bahwa Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden ke-6 Republik Indonesia. Anggapan umum bahwa tokoh yang pernah menjadi presiden RI berturut-turut Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan kini SBY. Padahal ada 2 tokoh yang terlewat yaitu Sjafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat. keduanya tidak disebut, bisa karena alpa, tetapi mungkin juga disengaja. Sjafruddin Prawiranegara adalah pemimpin pemerintahan darurat Republik Indonesia (1948) ketika Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda pada awal agresi militer kedua, sedangkan Assaat adalah presiden RI saat republik menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (1949)



2. Indonesia adalah negara asia pertama di piala dunia
   
Diakui atau tidak, Indonesia adalah negara Asia pertama yang berlaga di ajang piala dunia, tepatnya piala dunia 1938 di prancis. meski saat itu belum merdeka, Indonesia mengusung nama Nederlandsche Indiesche atau Nederland East Indies atau Hindia Belanda. Panasnya keadaan di Eropa dan sulitnya transportasi ke prancis secara tidak langsung memberikan keuntungan. Jepang menolak hadir dan memberikan kesempatan bagi Hindia Belanda untuk tampil mewakili zona Asia di kualifikasi grup 12. Lalu amerika serikat menjadi lawanberikutnya menyerah tanpa bertanding. Jadilah anak-anak melayu ini melenggang ke prancis. pengiriman kesebelasan Hindia belanda bukan tanpa hambatan. NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) atau organisasi sepak bola Belanda di jakarta bersitegang dengan PSSI yang telah berdiri april 1930. PSSI yang diketuai Soeratin Sosrosoegondo, insinyur lulusan jerman yang lama tinggal di Eropa, inggin pemain mereka yang dikirimkan. Namun, akhirnya Kesebelasan dikirimkan tanpa mengikutsertakan pemain PSSI dan menggunakan bendera NIVU yang di akui FIFA. Ditangani pelatih Johannes Mastenbroek pemain kesebelasan hindia belanda adalah mereka yang bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda. Tercatat nama Bing Mo Heng (kiper), Herman Zommers, Franz Meeng, Isaac Pattiwael, Frans Pede Hukom, Hans Taihattu, Pan Hong Tjien, Jack Sammuels, Suwarte Soedermandji, anwar sutan, dan kiri luar Nawir yang juga bertindak sebagai kapten. Pada babak penyisihan, Hindia Belanda langsung menghadapi tim tangguh, Hungaria, yang kemudian meraih posisi runner up. Tak banyak informasi yang didapatkan mengenai pertandingan di stadion Velodrome Municipale, Reims, 5 juni 1938 tersebut. Pada pertandingan yang di saksikan 9.000 penonton itu, Hindia Belanda tak mampu berbuat banyak dan terpaksa pulang lebih cepat setelah digilas 6-0. Meski belum menggunakan bendera merah putih, inilah satu-satunya penampilan tim melayu di piala dunia, hingga sekarang.

3. Berapa sih Gaji Presiden Tempo Doeloe
Gaji poko presiden adalah 6 kali gaji pokok tertinggi pejabat RI, sedangkan wakil presiden 4 kali, ini menurut UU tentang hak keuangan/administratif presiden dan wapres serta mantan Presiden dan Wapres RI yang di sahkan DPR tahun 1978. Gaji pokok tertinggi pejabat RI seperti menteri saat itu Rp250.000 ini berarti gaji pokok presiden Rp1,5 juta sedang wapres Rp1 juta. UU ini juga menentukan hak pensiun presiden dan wapres yang berhenti dengan hormat yang pensiun pokoknya 100% dari gaji pokok terakhir. Bagaimana tentang pensiun janda mantan presiden Soekarno? sampai sekarang yang ada baru dua keputusan presiden tentang pensiun mantan wapres moh. hatta dan sultan hamengkubuwono. soal pensiun janda bung karno ini rumit karena menyangkut lebih dari satu isteri yang sah. Pada saat itu pemerintah menjanjikan juga gaji-gaji mantan wapres yang lain seperti Sjafruddin RI sewktu presiden Wapres berhalangan tetap tahun 1984 (karena di tawan Belanda). sedang Assaat ketika berfungsi sebagai presiden RI di Yogya sementara Bung Karno di Jakarta sebagai Presiden RIS dari Desember 1949 sampai agustus 1950. Berapakah gaji pensiun mereka saat itu?? Rp150,- saja.
   
4. Tanah Abang di Masa Lalu 
   
Bicara soal terkenalnya tenabang (tanah abang) di masa lalu, satu catatan penting yang terjadi disana, adalah pemutaran film, atau dulu dinamakan "gambar ideop" yang pertama kalinya pada 5 Desember 1900. Pemutaran film dokumenter yang menceritakan perjalanan Raja Hertog Hendrik dan Ratu Olana di Den Haag itu tidak sukses, karena mahalnya harga tiket. Catatan sejarah itu kelebihan tersendiri, terlebih untuk dunia perfilman Indonesia. Mengingat pemutaran film itu hanya lima tahu, setelah dilakukan pertama kalinya di paris pada 28 Desember 1895. Bahkan lebih dulu dibanding korea pada tahun 1903, serta Italia pada 1905. 

5. Tahukah Agan IP pertama dari Indonesia
   Berdasarkan catatan Whois ARIN dan APNIC, protocol internet (IP) pertama dari Indonesia , UI-NETLAB (192.41.206/24) di daftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988.
 


(sumber) 

Posting Komentar

 
Top